Notification

×

Iklan

Iklan

187 (Seratus Delapan Puluh Tujuh) Hasil Program Modernisasi 'Ali Pasya

| Mei 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-09T23:13:47Z
tegursapanews.com -  Dalam hal agama dan peran Ulama, ia menghendaki agar para Ulama selalu mengikuti perkembangan dunia modern dan mempelajari ilmu pengetahuan modern. 

Perlu peninjauan kembali cara istinbat (menghasilkan) hukum Islam dan demikian pintu ijtihad tidak perlu di tutup, tetapi tetap terbuka. 

Ia banyak menawarkan pemikiran baru, Pertama, ajaran Islam tidak hanya mementingkan akhirat saja, tetapi juga dunia. 

Kedua, kekuasaan absolut raja harus dibatasi oleh syariat, dan raja harus bermusyawarah dengan Ulama dan kaum terpelajar, seperti dokter dan ekonom. 

Ketiga, Syariat harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Keempat, kaum Ulama harus mempelajari filsafat dan ilmu-ilmu pengetahuan moden agar dapat menyesuaikan syariat dengan kebutuhan modern. 

Kelima, pendidikan harus bersifat universal dan sama bentuknya untuk semua golongan. Keenam, umat Islam harus bersifat dinamis dan meninggalkan sifat statisnya. 

Demikianlah potret moderniu pendidikan Mesir di tangan Muhammad 'Ali Pasya dan hasil didikannya, yang secara nyata memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan sistem pendidikan Mesir. 

Ia telah berhasil membangun dasar-dasar sistem pendidikan modern untuk era selanjutnya. 

Usaha-usaha yang telah di rintis oleh kedua tokoh ini kemudian dilanjutkan oleh Muhammad 'Abduh, seorang cendekiawan Muslim yang diakui kapabilitasnya, baik di mata ulama konservatif, maupun kaum modern Mesir. Ia di Terima di semua kalangan. 

Bersambung..... 

Kedinding Lor Surabaya, Jumat - 10 - Mei - 2024


Abdul Chalim CEO tegursapanews.com. Sponsorship universal Institute of Professional Management (UIPM) 


U I P M

E C O S O C

For further information call: 08888 700 867

×
Berita Terbaru Update