Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Keunggulan Suara Cawapres Mahfud dari Muhaimin

| Oktober 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-18T14:36:39Z
Insyaallah (dalam rencana) besok Kamis, 19 Oktober 23, dua paslon capres cawapres akan didaftarkan parpol dan koalisi parpol ke kantor KPU Pusat yaitu ;
Pertama Tn Anies Baswedan dan Tn Muhaimin Iskandar yang disebut Paslon AMIN, 
Kedua Tn Ganjar Pranowo dan Tn Mahfud MD yang kita sebut Paslon GAMA. 
Mereka adalah para alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada abad silam.

Status Tn Anies Baswedan adalah mantan Gubernur DKI Jakarta (2017-2022) dan Tn Ganjar Pranowo mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode (2013-2023). Keduanya punya pengalaman sebagai kepala daerah yang dipilih Ketua Umum Partai Nasdem Tn Surya Paloh dan Ketua Umum PDI-P Pn Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden.

Kemudian Cawapres Tn Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB adalah tetesan darah dari pendiri Jamiyah Nahdatul Ulama KH Bisri Syansuri yang lahir di Jombang Jawa Timur. Status beliau adalah wakil ketua MPR-RI dan pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja di Era Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono).

Sedangkan cawapres Tn Mahfud MD yang berstatus sebagai Menko Polhukam di Era Presiden Jokowi lahir di Sampang Madura. Beliau pernah berstatus anggota DPR RI dan Ketua Mahkamah Konstitusi. Dengan itu, beliau punya pengalaman dalam institusi legislatif, yudikatif dan eksekutif.

Hal yang menarik kedua tokoh calon wakil presiden tersebut berasal dari keluarga NU di wilayah Jawa Timur (Jombang dan Sampang Madura). Status Tn Mahfud MD sebagai alumni HMI adalah tokoh PKB di era Presiden Gus Dur (Abdurrahman Wahid). Tercatat dalam sejarah politik Islam bahwa antara Gus Dur dan Cak Imin yang masih saudara sepupu di Pontren Denanyar Jombang pernah cekcok tentang masalah PKB sampai Gus Dur wafat.

Ada sepotong guyonan yang populer di tengah masyarakat tentang opini orang Madura, bahwa NU yang lahir pada tahun 1926 disebut sebagai agama. Hal tersebut sebagai indikasi yang menunjukkan tentang kepanatikan sebagian warga Madura terhadap agama Islam. 

Dalam hal ini mungkin saja etnis Madura di wilayah Nusantara yang jumlahnya puluhan juta orang. Mereka akan cenderung memilih cawapres Tn Mahfud MD dalam bilik suara ketika pemilu nanti sebagai tokoh NU sesama kelahiran pulau Garam, ketimbang mereka pilih cawapres Tn Muhaimin Iskandar yang berasal dari Jombang. Afwan Wallahu aklam.

Rabu, 28 Oktober 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update