Notification

×

Iklan

Iklan

Sila Keempat Safari Manasik Haji dan Ibadah Umrah

| Oktober 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T22:29:25Z
Dalam rumusan reformulasi Pancasila Islam yang tersusun di Qaul Sheh disebut SISALIM (Lima Sila Sa), yaitu 1. SyA-hadat, 2. SA-lat, 3. SA-dakah, 4. SA-fari dan 5. Sa-um atau Pua-SA. Tentang hal itu dijelaskan dalam buku kecil Sheh Sulhawi Rubba, bahwa bagi umat Islam yang sudah berusia di atas 40 tahun. Mereka itu disarankan untuk melakukan Sila Keempat saja yaitu Safari Ibadah Umrah.

Alkisah beberapa kali kita berkunjung ke Tn Hamsidi Abni di kota Pasuruan Jawa Timur, kita memberikan saran kepada beliau yang sudah berusia 65 tahun. Supaya beliau membatalkan saja pendaftaran Safari Manasik Haji di kantor Kementerian Agama. Uangnya digunakan untuk program Safari Ibadah Umrah, karena daftar tunggu berangkat ke tanah suci sudah sampai puluhan tahun di Indonesia.

Demikian pula ketika waktu kita umrah ke Desa Gedung Agung Merapi Timur Lahat pada bulan Juli yang lalu. Kita memberi saran kepada karib kerabat, seperti kepada Tn Khairullah, Tn Makruf, Tn Erwansyah , Tn Burgani Gani dan kerabat yang lainnya. Supaya pilih program Safari Ibadah Umrah minimal 9 hari atau Safari Ibadah Umrah Ramadan selama 19 hari.

Alhamdulillah tanpa diduga samasekali, pagi ini kita baru dapat info via WA dari Tn Syam Un al-Madani di tanah kelahiran Simpang Agung, bahwa beliau bersama ayah kandungnya Tn Makruf dan Tn Khairullah al-Madani sudah terdaftar sebagai jamaah Safari Ibadah Umrah yang akan berangkat dari kota Lahat Sumsel pada bulan Desember 2023 yang akan datang.

Dalam hal ini kita merasa terharu dan sangat bersyukur atas informasinya nawaihum Tawaf di Kakbah dan berziarah ke makam Rasulullah di masjid Nabawi di kota Madinah. Pekan lalu kita dapat info, bahwa kerabat kita Tn Surmawi Abas di Surabaya bersama cucunya sedang berada di pelataran Masjidil Haram di Makkah. Teriring saran kepada karib kerabat tersebut, "Supaya jaga kesehatan dan teriring sebait doa yang singkat dan padat "Semoga mabruk wa mabrur." Maqbulan Amien.

Sabtu, 28 Oktober 23
Sabdasheh

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

Editor: Abdul Chalim
×
Berita Terbaru Update