Notification

×

Iklan

Iklan

Profil Padang Arofah dan Sejarah Asal Manusia

| Juni 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-09T23:49:40Z
Tegursapanews.com -   Siapapun orang yang mencari info tentang kisah awal kehidupan manusia di muka bumi dengan pertanyaan "Siapa manusia yang hidup pertama dan dimana dia berada pada saat itu ?

Pertanyaan tersebut bisa dijawab dalam kitab suci umat beragama, seperti info dalam kitab Taurat, Injil, al-Quran dan kitab suci agama yang lainnya, kitab suci yang bersumber dari Wahyu Allah, Tuhan Yang Maha Pencipta.

Dalam kitab suci al-Quran dikisahkan, manusia yang pertama kali diciptakan di alam raya lelaki yang disebut Tn Adam yang diciptakan dari Tanah. Kemudian diciptakan lagi perempuan yang disebut Pn Hawa. Keduanya tinggal di sebuah taman yang disebut alam Surgawi.

Kemudian atas bujukan Iblis keduanya maksiat makan buah terlarang di surga yang disebut dengan Buah Khuldi. Resikonya kedua orang tersebut dikeluarkan dari lingkungan surga ke alam dunia yang lokasinya di Jabal Rahmah di Padang Arafah.

Alkisah pada tahun 2013, ketika kita sedang wukuf di Padang Arafah yang saat ini sudah hijau oleh tanaman Pohon Soekarno. Ketika itu kita melihat ke arah Jabal Rahmah lokasi pertemuan Nabi Adam dan istrinya Siti Hawa di muka bumi.

Ketika itu tersirat dalam pikiran dan hati nurani kita tentang kondisi lingkungan hidup di sekitar Padang Arafah, bahwa di atas Jabal Rahmah terdapat air terjun yang jernih dan mengalir sepanjang waktu. Dengan itu tumbuh subur aneka ragam tanaman yang berbuah lebat dan buahnya bisa dipanen setiap saat untuk dikonsumsi oleh Nabi Adam bersama anak cucunya, seperti suasana di alam surgawi.

Kalau saja lingkungan hidup di Padang Arafah pada saat itu yang dikenal kering kerontang dan padang pasir yang gersang seperti pada zaman Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah pada abad ke 6 Masehi. Pasti keluarga besar Nabi Adam AS tidak mampu bertahan hidup sampai ratusan tahun.

Sungguh beruntung bagi umat Islam di seluruh dunia yang melakukan Safari Manasik Haji dan Ibadah Umrah seperti jamaah dari Indonesia. Mereka bisa menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri tentang lokasi pertemuan Nabi Adam AS dan istrinya Siti Hawa di Jabal Rahmah Padang Arafah Makkah Arab Saudi.

Keberuntungan yang lainnya, mereka bisa tawaf di Kakbah sebagai pusat bumi warisan dari Nabi Ibrahim AS bersama Nabi Ismail AS dan Siti Hajar 5000 tahun yang lalu. Selain bisa melihat lokasi penyembelihan hewan qurban yang pertama di Mina dan lokasi kehancuran pasukan Gajah yang dipimpin Raja Abrahah dari kerajaan al-Habsyah di Yaman ketika nabi Muhammad SAW lahir di kota Makkah pada tahun 571 M atau tahun 53 Sebelum Hijriah. Barokallah Amien 

Ahad, 09 Juni 24 
02 Zulhijjah 1445
Sabdasheh

Foto: Dream

Editor: Abdul Chalim

Oleh: Sheh Sulhawi Rubba

U I P M

SDGs

E C O S O C

For further information call: 0818 536 866
×
Berita Terbaru Update